Arti Supplier

Apa itu supplier ? kata – kata yang sangat umum dan menyebar ruak pada masyarakat umum, supplier adalah pemasok berupa barang atau jasa yang familiar disebut “agen” atau penjual dengan skala besar alias grosir. Supplier semacam agen biasanya memiliki barang – barang dengan skala besar dan harga yang dipasang berupa harga grosir yang kebanyakan lebih murah jika di akumulasikan secara harga lebih murah dari harga eceran. Tentunya dalam pemenuhannya sendiri seorang supplier harus mampu untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya yang notabene membutuhkan pemenuhan kebutuhan secara besar. Supplier juga mampu fleksibilitas dalam memenuhi dan memberikan pelayanan terhadap pelanggannya.

Pengertian supplier sendiri dalam definisinya merupakan suatu perusahaan dan individu yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan dan para pesaing untuk memproduksi barang dan jasa tertentu. Pada hakekatnya, pemilihan supplier dalam rangka rantai supply tidak jauh berbeda dengan memilih kebutuhan perusahaan untuk dibeli. Perbedaan yang utama adalah supplier mempunyai kedudukan yang jauh lebih penting. Oleh karena itu penelitian dan pertimbangan harus lebih lengkap dan menyeluruh, meskipun tahapan penentuan supplier dapat dilakukan dengan beberapa tahapan.

arti supplier

Di mana perusahaan meninjau, mengevaluasi, dan memilih suppliernya untuk menjadi bagian dari rantai supply perusahaan. Definisi supplier sendiri merupakan salah satu faktor yang perlu diperhitungkan. Karena dalam proses produksi dengan teliti menjelaskan dan menyampaikan pentingnya ukuran-ukuran tersebut. Para supplier yang terpilih dapat memahami apa yang diperlukan untuk kompetitif dan bekerja keras untuk mencapai harapan atau target yang diinginkan. Selain itu juga terdapat tantangan dalam menentukan supplier yaitu untuk mewujudkan nilai yang akan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Memilih supplier yang professional dibutuhkan kejelian untuk mendapatkan supplier yang dapat bekerja secara kompetitif yang dapat menyesuaikan permintaan dan kebutuhan produksi, selain itu dapat mengetahui harga atau biaya yang dikeluarkan untuk pemenuhan suplay barang atau bahan yang dibutuhkan agar sesuai dengan anggaran yang dikeluarkan dalam supplai barang oleh supplier. Tidak menutup kemungkinan dibutuhkan penentuan harga yang sesuai bagi perusahaan / pelanggan (pembeli) dan supplier (penjual) agar menemui kesepakatan harga agar sesuai dengan jumlah barang yang dibutuhkan perusahaan / pelanggan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s